Selasa, 15 Mei 2012

MESIN FOTOCOPY



·      PENGERTIAN
Mesin fotokopi adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotokopi zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ditulis arti kata penggandaan, yakni : proses, cara, perbuatan menggandakan. Jadi kata menggandakan dapat diartikan, usaha memperbanyak atau melipatkan beberapa kali dokumen.

·      PENEMU DAN SEJARAHNYA
Penemu Mesin Fotocopy di temukan oleh Chester Flood Carlson lahir 8 Februari 1906 dikawasan kota Seattle, Washington. Pada umur 21 tahun ia sudah menjadi yatim piatu, membuat Carlson bekerja di sebuah perusahaan pembuat barang elektronik. Tugasnya saat itu adalah menyalin semua dokumen dan gambar paten ke dalam beberapa dokumen. Carlson merasa lelah dengan pekerjaan itu dan kemudian berfikir bagaimana caranya agar pekerjaannya itu mudah dilakukan dengan menemukan konsep elektrofotografi yang sekarang kita kenal dengan mesin fotocopy. Untuk pertama kalinya proses peng-copy-an sistem xerography diciptakan oleh Chester F Carlson orang Amerika pada tanggal 22 Oktober 1938. Disebut sistem xerography karena proses penyalinannya berlangsung dalam keadaan kering.
Percobaan-percobaannya dilakukan berulang-ulang oleh Carlson untuk meyakinkan dirinya bahwa pada hari itu sebenarnya ia telah menemukan sebuah teknologi copy yang cemerlang. Pada tahun 1947 xerography dipatenkan dan dikembangkan lebih lanjut oleh Carlson dibawah naungan sebuah perusahaan kecil dibidang kertas foto bernama Haloid Company, kemudian Haloid Company merubah nama mesin fotocopy pertama elektrofotografi karena dianggap kurang memiliki nilai jual, lalu diusulkanlah nama dengan nama Xerography. Salah satu produk awal Xerox adalah Xerox 914, mesin foto kopi otomatis pertama yang menggunakan proses xenography. Dinamai Xerox 914 untuk merujuk pada kemampuan mesin dalam mengkopi kertas dengan ukuran 9 inci x 14 inci (229 mm x 356 mm)., mesin copy yang paling sukses pada waktu itu dengan kemampuan peng-copy-an diatas kertas datar dengan cepat yang hanya dengan menekan tombol salinannya dapat keluar. Sejak penemuan Carlson perusahaan Haloid menjadi perusahaan raksasa dan bertahun-tahun memproduksi mesin fotocopy dengan merek yang sangat terkenal yaitu XEROX dan merupakan perusahaan pelopor di bidang perfoto-copyan. Dan Haloid Company pun merubah nama menjadi XEROX hingga saat ini. Xerox telah menghasilkan mesin fotocopy yang menggunakan sinar laser, yaitu mesin copy Xerox dengan type 9700 dan Xerox mampu menghasilkan mesin copy untuk gambar dengan type Xerox 2080.
Chester Carlson meninggal pada 9 September 1968, di Rochester, New York, karena penyakit hati yang kronis.

·      Bagian-bagian Mesin Foto Copy
  1. Tutup asli (original cover, original holder, platen cover). Berfungsi untuk menutup atau memegang lembaran asli yang akan dicopy
  1. Kaca tempat asli (original glass). Berfungsi untuk meletakkan lembar asli, pada bagian tepi kanan terdapat skala yang perbangkal pada titik tengah. Skala ini berfungsi untuk mengatur lembaran asli agar tepat pada posisi tengah
  1. Papan tempat asli (original tray, original support). Berfungsi untuk meletakkan lembar asli yang belum dicopy atau yang sudah dicopy.
  1. Tombol on–off  (on-off switch, power switch).  Berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin.
  1. Papan hasil penggandaan  (copy tray).  Berfungsi sebagai tempat penampung hasil penggandaan
  1. Kerangka mesin. Pada mesin tertentu di bagian samping terdapat tutup mesin yang mudah dibuka untuk mengganti tinta, memperbaiki kertas yang menggulung roll dan service mesin
  1. Papan kertas untuk operasi manual (by pass feed table, manual feed table, by pass base). Berfungsi untuk operasi manual atau memasukkan kertas copy satu per satu
  1. Baki kertas kaset (cassette).
Papan kertas untuk mendapatkan penggandaan (salinan). Tiap baki memuat 250-500 lembar kertas dengan ukuran sendiri-sendiri, seperti : A4, A3, B4 dan B5


·      Jenis-jenis mesin fotocpy

1. mesin fotocopy analog
ü  Kelebihan :
a. lebih murah harganya
b. tidak rentan terhadap listrik
ü  Kekurangan :
a.  suaranya bising
b. terlalu lama untuk fotocoopy dalam  jumlah banyak
c. ukurannya yang memakan tempat

2. mesin fotocopy digital 
Kelebihan :

a.Tidak berisik, Pada mesin fotokopi digital melibatkan sangat sedikit bagian mesin yang   bergerak jadi gerakan yang ada pada mesin juga jauh lebih sunyi.
b. Detail dari hasil penggandaan juga lebih halus.
c. Membutuhkan perawatan yang jauh lebih sedikit karena bagian mesin yang bergerak lebih sedikit

kekurangan :
a.  harganya mahal jika dibandingkan dengan analog
b. Karena mesin Digital lebih mengandalkan peralatan elektroniknya, maka kelemahannya adalah rentan pada tegangan listrik

3. mesin fotocopy portable
ü  Kelebihan :
a. mudah di bawa kemana-mana

ü  Kekurangan :
a. persediaan kertas tidak selengkap mesin fotocopy analog dan digital

b. fungsi hanya untuk menggandakan dan mencetak

·      Cara menggunakan
Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON

1. Letakkan kertas pada kaca tempat foto copy dengan bagian tepi atas menempel pada garis skala pada posisi yang tepat di tengah

2. Dengan menekan tombol pengatur hasil copy.

3. Tekan tombol jumlah hasil penggandaan yang dikehendaki

4. Tekan tombol cetak (start)

5. Jika sudah selesai tekan tombol OFF

·      Bahaya utama   yang bersumber dari mesin foto copy:

1. Gas Ozone
Ozone dihasilkan dari   pengoperasian alat listrik dengan tegangan (voltase) tinggi, seperti mesin foto copi, peralatan x-ray dan las listrik yang menggunakan arc.
Efek Kesehatan
gas yang berbau ini dapat menyebabkan iritasi pada mata, saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru, tenggorokan dan hidung.
Menghirup ozon dalam jangka waktu yang lama dalam konsentrasi beberapa ppm diketahui merusak paru-paru. Beberapa otoritas menyarankan bahwa konsentrasi 0,1 ppm kemungkinan dapat menyebabkan kelahiran prematur   dan   umur pendek.

  2. Toner / tinta
Toner dalam bentuk bubuk yang digunakan dalam foto copy kering dan dibuat dari berbagai formula carbon black. Umumnya terdiri dari sekitar 10% carbon black, yang disemprotkan dalam suatu polysterene acrylic atau resin polyster   yang sensitive panas. Bubuk toner yang halus dapat keluar dari mesin foto copy, khususnya jika sistem toner gagal dan otomatis alat mati. Bubuk toner juga dapat keluar selama pemeliharaan atau ketika mengisi ulang tabung.
Efek kesehatan
Debu toner bisa mengiritasi saluran pernapasan, menimbulkan batuk dan bersin. Beberapa toner terdiri dari campuran bahan kimia seperti nitropyrenes dan trinitroflurene . Campuran ini   mempunyai sifat karsinegenik, oleh karena itu hindari kontak dengan kulit dan pernapasan. Ini dapat dihindarkan dengan memastikan toner tetap dalam cartride selama proses foto copy berlangsung. Bila ada risiko kontak dengan kulit dan pernapasan, pekerja yang menangani cartrige harus menggunakan sarung tangan dan masker sekali pakai.

  3. Noise
Mesin foto copy dengan kecepatan tinggi dan mempunyai fungsi ganda, mempunyai potensi untuk menjadi lebih bising.   Mesin foto copi yang lebih tua bisa menimbulkan tingkat kebisingan.

  4.  Sinar X-ray
Mesin foto copy menghasilkan sinar x-ray, sinar tersebut akan merusak mata kita jika langsung mengenai mata.
·      
·      Fungsi lain dari mesin fotocopy
1. faximile
Beberapa type mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk mengefax surat, caranya hanya tinggal mengatur pada pengaturan mesin fotocopy tersebut.
2. scan
Beberapa type mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk menscan dokumen, caranya hanya tinggal mengatur pada pengaturan mesin fotocopy tersebut.
3. print
Beberapa type mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk mengrprint dokumen, caranya hanya tinggal menghubungakan kabel mesin fotocopy ke computer.

3 komentar:

  1. thnx infonya, ijin dijadiin referensi tugas yaaa :) :)

    BalasHapus
  2. Sama-sema .. alhamdulillah bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Trima kash jadi tambah wawasan,pantesan anak saya yang sudah bekerja selama 15 tahun lebih sekarang penyakitnya batuk-batuk terus siang dan malam padahal baru berusia 38 tahun gara-gara nunguin mesin fax 8 jam perhari.Tau ngga mas Anggi cara mengatasi penyakit batuk karena mungkin banyak menghirup ozon ?

    BalasHapus